Sunday, October 31, 2010

Tidur Sehat

"Tidur tidak hanya harus cukup, namun harus tepat waktu juga"

Cukup istirahat juga merupakan pola hidup sehat. Manusia memerlukan tujuh sampai delapan jam per hari untuk tidur. Tidak hanya memenuhi jumlah jam, istirahat pun harus dilakukan dengan tepat waktu supaya tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.
  • Malam hari pukul 21-23: adalah waktu pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun (detoksifikasi) di bagian system anti bodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat ini seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini berdampak negative bagi kesehatan.
  • Malam hari pukul 23-01 dini hari: saat proses detoksifikasi di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • Dini hari pukul 01-03: proses detoksifikasi di bagian empedu, berlangsung dalam kondisi tidur.
  • Dini hari pukul 03-05: detoksifikasi di bagian paru-paru. Biasanya akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu itu. Karena proses pembersihan/ detoksifikasi telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  • Pagi pukul 05-07: detoksifikasi di bagian usus besar, harus buang air.
  • Pagi pukul 07-09: waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus sarapan. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30
Makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 09-10 daripada tidak makan pagi sama sekali.
Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu yang tepat bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Karena itu tidurlah yang nyanyak dan jangan begadang. Tidur yang paling sehat adalah pukul 21.00/22.00 malam sampai pukul 05.00 dini hari. 
Di jaman sekarang sepertinya sulit ya? Memang sulit.. Tapi jangan khawatir, anda bisa menikmati tidur sehat tanpa terpengaruh oleh batasan waktu dengan menggunakan Tiens Photon Bio Energy Mattress. Dijamin...

No comments:

Post a Comment